Mau Berwirausaha Ini Etika Dalam Wirausaha Yang Harus Kamu Tahu 2018

Mau Berwirausaha Ini Etika Dalam Wirausaha Yang Harus Kamu Tahu 2018, Para wirausahawan dengan berbagai jenis usahanya hidup di tengah masyarakat. Mereka berbaur bersama dengan pelanggan, penjual lain, tukang becak, dan lain sebagainya. Saling membantu dan menipu ada dikegiatan jual beli. Nah, modal wirausahawan yang tidak selalu terlihat adalan jujur. Meskipun, sebenarnya ada beberapa cara wirausahawan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak,yaitu dengan tidak jujur, entah dalam memberikan harga atau hal lainnya. Bagi wirausahawan, kejujuran sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Sebab, cepat atau lambat pelanggan akan mencari tahu setiap produk yang kita jual. Jika sudah mengetahui informasi produk yang kita jual dengan tidak jujur, maka pelanggan akan memutuskan hubungan kerja dengan tidak langsung terhadap kita.

etika wirausaha dan manfaatnya

Jika kejujuran ditanam sejak awal, maka kita sudah menempatkan pelanggan sebagai seseorang yang berperan penting dalam memberikan keuntungan. Saat ini, banyak kemerosotan etika dalam wirausaha; merosotnya solidaritas, tanggung jawab sosial, serta tingkat kejujuran di kalangan wirausahawan dan masyarakat.

Anda sedang membaca Artikel » Peluang Usaha Tahun 2018

Usaha Baru Bisnis pakaian

PELUANG USAHA MUDAH & RINGAN RESIKO


Konsep bisnis usaha rumahan ini adalah OBRAL / GROSIRAN dimana tidak perlu ruang khusus seperti butik atau toko/kios. Cukup sediakan BOX khusus untuk menampung baju-baju anak dan tumpahkan semua baju dalam box tersebut. Bisa anda buka di garasi rumah sebagai usaha rumahan. Hal ini memberikan kesan grosir/Murah sehingga pengunjung akan ramai berbondong2 membeli obral Baju 5.000 anda. Jika anda perlu gambaran, silahkan kunjungi langsung gudang pusat untuk melihat secara langsung konsep bisnis yang kami tawarkan.


Usaha ini cocok dijalankan di rumah, baik itu di garasi atau halaman rumah. Bisnis ini juga sangat cocok anda jalankan di Alfamart, Indomaret maupun Yomart karena kita bisa manfaatkan traffic pengunjung disana, selain itu sewa tempat tidak terlalu mahal, berkisar Rp 100 ribu – 250 ribu per bulan. Anda juga dapat berjualan obral baju murah meriah secara emperan kaki lima di pasar kaget dekat rumah anda yang biasa hadir pada waktu tertentu.


Anda tidak perlu bingung dgn modal seadanya anda bisa menciptakan usaha rumahan grosir Baju harga pabrik. ini bukan MLM/waralaba murni bisnis sampingan dirumah, apalagi jika anda memang sedang/sudah menjalani bisnis Baju / grosir Baju murah. anda bisa menilai sendiri bagaimana prospeknya.


ANALISA BISNIS BAJU MURAH


Nama : Biaya
Investasi Awal : Rp.3.500.000
Sewa tempat : Rp. 350.000/bulan
Karywan : Rp. 600.000/bulan
Harga Jual : Rp. 15.000/2pc atau Rp.25.000/2pc (untuk setelan)
Rata-rata penjualan per Hari : 100pc
Margin : Rp. 2.500/pc
Omset Per Hari : Rp. 250.000
Omset Per Bulan : Rp. 250.000 x 30 = Rp.7.500.000
Sewa tempat + Karyawan : Rp. 350.000 + Rp.600.000 = Rp. 9.500.000
KEUNTUNGAN per Bulan : Rp. 2.550.000 (LUMAYAN KAN)

Tidak sampai 3 Bulan Anda sudah balik Modal!



Segera Hubungi DELTAGROSIR untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.

SMS : 0857 7221 5758 - Telp : 0821 1454 5758

Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur


Untuk mendapatkan harga murah grosir langsung dari pabrik silahkan hubungi kami segera di 0857 7221 5758. Atau datang langsung ke alamat kami di Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur dan gabung dengan komunitas bisnis baju murah di facebook kami, untuk mendapatkan informasi update promo produk bisnis.
facebook delta grosir usaha pakaian murah

Gejala ini menyebar antara penjual dengan penjual lainnya , penjual dengan pembeli. Etika yang dilanggar, seperti permainan cek kosong, utang tidak dibayar, kiriman barang tidak sesuai dicontoh, menjual produk cacat dengan harga yang tinggi, barang rusak, dan lain sebagainya.

Praktik manipulasi semacan itu tidak akan terjadi jika dilandasi dengan moral yang tinggi. Moral dan tingkar kejujuran yang rendah akan menghancurkan etika bisnis itu sendiri. Jika wirausahawan sudah membekali dirinya dengan nilai keagamaan yang baik, mengetahui bahwa perilaku jujur akan memberikan kepuasan tersendiri dalam kehidupan, makan baik dalam kehidupan yang sekarang ataupun nanti akan menjaga etika wirausaha itu.

Kelompok pengusaha yang sudah sukses dengan bisnis atau usahanya akan selalu menyatakan bahwa modal dasar dari berkembangnya usaha adalah menanamkan kejujuran sejak awal dan menjaganya. jika sudah menemukan sesama penjual yang jujur, maka akan terjalin hubungan kerja yang baik.

Faktor yang Mempengaruhi Etika

etika bisnis wirausaha muslim

Ada tiga faktor yang memepengaruhi etika dalam berwirausaha, yakni sebagai berikut.

  1. Perbedaan budaya. Setiap daerah memiliki kebiasaannya sendiri-sendiri. Komisi, titipan, amplop , dan lain sebagainya tentu dipahami dengan cara berbeda disetiap daerah. Daerah tertentu misalnya, melarang adanya titipan atau komisi untuk melancarkan dagangan yang dijual,tetapi untuk daerah lain dianggap sebuah keharusan.
  2. Ilmu. Wirausahawan yang memiliki kesadaran cenderung menghindari masalah yang menyangkut tentang pelanggaran etika. Jika sadar akan ilmu, maka mereka tidak akan melakukan pelanggarran etika yang nantinya akan merugikan mereka sendiri.
  3. kebiasaan. Membangun sebuah kebiasaan tidak mudah. Maka dari itu, biasanya perusahaan besar mereka memberikan pelatihan kepada karyawannya untuk selalu menjaga etika dalam berbisnis. Perusahaan menerapkan kode etik yang harus dipatuhi. Mereka membuat definisi, memberi contoh nilai etika yang harus diikuti dalam pelaksanaan pekerjaan. Oleh sebab itu, harus di bangun sebuah kebiasaan untuk memahami lebih baik tentang pentingnya etik dalam berwirausaha.

Contoh Kode Etik dalam Perusahaan

Berikut beberapa contoh kode etik yang harus dipatuhi di sebuah perusahaan.

  1. Perusahaan harus mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kenyamanan publik.
  2. Selalu menjaga dan melestarikan lingkungan.
  3. Hindari konflik yang menjurus pada kerusakan lingkungan.
  4. Menolak penyogokan dalam segala bentuk.
  5. Memahami teknologi dan aplikasinya.
  6. Senang menerima saran dan kritik.
  7. Perlakuan sama pada semua orang, tidak memandang ras, agama, cacat, dan lain sebagainya.
  8. berbagai bentuk kode etik lainnya sesuai bentuk usaha dan bisnis.

Faktor Pundamental yang Berhubungan dengan Etik di Masyarakat

Faktor fundamental yang berhubungan dengan etika di masyarakat dan berlaku sepanjang masa, yakni:

  1. Sopan santun dan jujur,
  2. Memiliki prinsip dan hormat,
  3. Dapat dipercaya dan amanah,
  4. Benar dan royal pada keluarga, teman, dan bersikap terbuka terhadap mereka,
  5. Berkomitmen pada hal yang baik dan memberi perlakuan yang sama pada orang lain,
  6. Perhatian, baik budi, dan menolong siapapun yang membutuhkan,
  7. Menghormati hak-hak dan pribadi orang lain,
  8. Patuh pada undang-undang dan peraturan yang berlaku,
  9. Berbuat baik dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan, rajin, komitmen, meningkatkan kompetensi dalam segala bidang, dan
  10. Betanggung jawab pada keputusan yang diambil.

Mengembangkan kode etik dalam dunia usaha, seperti menuliskan kode etik yang harus dipatuhi, meskipun tidak terlalu rinci akan mengingatkan kita pada norma yang harus dipatuhi dalam dunia wirausaha.

Berdagang Adalah Ibadah

Sebenarnya, kegiatan berdagang lebih tinggi derajatnya, yaitu dalam rangka beribadah kepada sang pencipta. Berdasarkan niat, perjual tidak perlu pergi jauh-jauh ke pabrik untuk membeli barang. Kita akan menjualnya dengan harga tidak terlalu tinggi dengan niat dapat membantu menyejahterakan masyarakat. Dengan harga yang cenderung lebih murah, masyarakat dapat menggunakan uang lebih efisien dan dapat memenuhi kebutuhan lainnya.

Salah satu cara berhemat adalah mencari harga barang yang lebih murah. Bagi orang tidak mampu murah tidak sama artinya bagi orang kaya. Pedagang yang memilih menjual barang lebih murah daripada harga yang ada di pasaran tidak akan merugi. Sebab, harga murah akan selalu menarik perhatian pembeli. Pembeli akan memberikan informasi pada calon pembeli lainnya, teman, tetangga, atau anggota keluarga lainnya bahwa jika ingin mencari barang ini, sebaiknya membeli di toko A karena harganya lebih murah. Dampaknya, toko menjadi ramai, barang cepat habis terjual, sehingga cepat menyediakan barang baru, barang yang ada selalu model baru, fresh dan tidak rusak. Semakin lama, toko akan semakin terkenal dan ramai. Dengan demikian, terjadilah suatu motif pembeli yang terpola pada hati, yang selalu ingin membeli sebuah barang hanya pada toko tertentu. Pola tersebut terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

  1. harga yang ditawarkan lebih murah,
  2. barang yang tersedia selalu baru dan berinovasi,
  3. layanan yang diberikan baik dan dapat dipercaya,
  4. suasana dalam toko yang menarik,
  5. lokasi yang mudah dicapai oleh pembeli, dan
  6. ada ikatan batin antara penjual dan pembeli.

Keuntungan lainnya dan tidak terduga akan selalu datang, seperti mendapat langganan baru, mendapat pesanan yang banyak dan tiba-tiba, serta lain sebagainya.
Rezeki memang sudah ada yang mengatur. Namun, kita harus tetap aktif merencanakannya. Tanpa direncanakan, rezeki itu akan sulit diraih. Itulah sebabnya, kita perlu mengetahui hal-hal tersebut.

Perilaku Terpuji dalam Perdagangan

Berikut beberapa perilaku terpuji dalam dunia perdagangan.

  1. Tidak mengambil keuntungan lebih banyak dari pedagang lainnya yang menjual produk yang sama.Menjual barang dengan harga sama dengan lainnya, bahkan lebih murah akan membuat pembeli akan merasa senang.
  2. Membayar harga yang lebih mahal kepada pedagang yang lebih kurang mampu.
  3. Memberi diskon atau potongan harga pada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak dan memberi potongan harga kepada pembeli yang kurang mampu.
  4. Membatalkan jual beli jika pihak pembeli merasa dirugikan. Ini adalah prinsip pembeli adalah raja.

Simak Juga Ulasan Tips Dan Analisa Wirausaha Franchise Pempek 2018.

BISNIS 2018