Wirausaha Jualan Nasi Goreng dan Bubur Ayam Sukses 2018


Wirausaha Jualan Nasi Goreng dan Bubur Ayam Sukses 2018USAHA BUBUR AYAM DAN NASI GORENG

Bubur Ayam

  1. Persiapan Usaha Bubur Ayam
    1. Tempat Usaha
    2. Bubur ayam banyak dijual dengan cara keliling dan menggunakan gerobak. Cobalah mencari tempat pangkalan yang ramai dan strategis. Karena dengan tempat pangkalan yang tepat, maka bisa menghemat tenaga.

      Usaha Bubur Ayam Unik


      wirausaha jualan bubur ayam sukses

    3. Bahan baku
    4. Bubur ayam sangat tergantung pada jenis beras yang digunakan, enak tidaknya bubur ayam ditentukan oleh kualitas beras yang digunakan. Untuk itu gunakan beras yang pulen, seperti beras cianjur. Penggunaan daging ayam juga harus yang segar, sehingga daging ayam yang direbus akan menghasilkan kaldu yang gurih dan bisa dijadikan kuah bubur yang lezat.

    5. Perlengkapan Usaha
    6. Perlengkapan yang digunakan untuk usaha bubur ayam adalah gerobak atau etalase, peralatan masak dan dandang besar, peralatan makan, meja dan kursi, serta tenda sebagai tempat berteduh pelanggan yang makan di tempat.

  2. Pelaksanaan Usaha Bubur Ayam
  3. Dalam usaha bubur ayam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan sebuah pelaksanaan usaha. Hal-hal yang dimaksud tersebut diantaranya sebagai berikut :

    1. Melakukan Tester
    2. Lakukan tes cita rasa bubur ayam kepada calon pelanggan sebelum bubur diperdagangkan. Karena hal tersebut cukup penting untuk menunjang keberlangsungan sebuah usaha.
    3. Modifikasi usaha
    4. Membuka cabang, menerima pesanan, dan membuat varian bubur ayam. Misalnya, mencampurinya dengan telur dan topping yang berbeda-beda.

    5. Merekrut Karyawan
    6. Pada umumnya usaha kecil tidak memerlukan karyawan. Namun bila keadaan usaha kecil ini semakin ramai, maka sebaiknya merekrut seorang karyawan untuk membantu dalam pelayanannya.

  4. Pemasaran Bubur Ayam
  • Promosi bisa dilakukan dengan menggunakan spanduk yang bertuliskan nama warung dan menu yang ditawarkan.
  • Promosi terbaik adalah rasa dan kualitas bubur ayam itu sendiri. Apabila bubur ayam memiliki cita rasa yang lezat, maka promosi dari mulut ke mulut akan terjadi secara otomatis.
  • Promosi kedepannya adalah dengan menjangkau pasar yang lebih besar dan luas, yaitu dengan cara menerima pesanan bubur ayam dalam kotak maupun bungkus untuk acara-acara tertentu. Strategi ini tentu akan memberikan tambahan penghasilan yang cukup menguntungkan.
  • Hambatan Usaha Bubur Ayam
  • Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya akan mengalami beberapa hambatan. Tak terkecuali dengan usaha bubur ayam. Usaha ini memiliki beberapa hambatan yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

    Anda sedang membaca Artikel » Peluang Usaha Tahun 2018

    Usaha Baru Bisnis pakaian

    PELUANG USAHA MUDAH & RINGAN RESIKO


    Konsep bisnis usaha rumahan ini adalah OBRAL / GROSIRAN dimana tidak perlu ruang khusus seperti butik atau toko/kios. Cukup sediakan BOX khusus untuk menampung baju-baju anak dan tumpahkan semua baju dalam box tersebut. Bisa anda buka di garasi rumah sebagai usaha rumahan. Hal ini memberikan kesan grosir/Murah sehingga pengunjung akan ramai berbondong2 membeli obral Baju 5.000 anda. Jika anda perlu gambaran, silahkan kunjungi langsung gudang pusat untuk melihat secara langsung konsep bisnis yang kami tawarkan.


    Usaha ini cocok dijalankan di rumah, baik itu di garasi atau halaman rumah. Bisnis ini juga sangat cocok anda jalankan di Alfamart, Indomaret maupun Yomart karena kita bisa manfaatkan traffic pengunjung disana, selain itu sewa tempat tidak terlalu mahal, berkisar Rp 100 ribu – 250 ribu per bulan. Anda juga dapat berjualan obral baju murah meriah secara emperan kaki lima di pasar kaget dekat rumah anda yang biasa hadir pada waktu tertentu.


    Anda tidak perlu bingung dgn modal seadanya anda bisa menciptakan usaha rumahan grosir Baju harga pabrik. ini bukan MLM/waralaba murni bisnis sampingan dirumah, apalagi jika anda memang sedang/sudah menjalani bisnis Baju / grosir Baju murah. anda bisa menilai sendiri bagaimana prospeknya.


    ANALISA BISNIS BAJU MURAH


    Nama : Biaya
    Investasi Awal : Rp.3.500.000
    Sewa tempat : Rp. 350.000/bulan
    Karywan : Rp. 600.000/bulan
    Harga Jual : Rp. 15.000/2pc atau Rp.25.000/2pc (untuk setelan)
    Rata-rata penjualan per Hari : 100pc
    Margin : Rp. 2.500/pc
    Omset Per Hari : Rp. 250.000
    Omset Per Bulan : Rp. 250.000 x 30 = Rp.7.500.000
    Sewa tempat + Karyawan : Rp. 350.000 + Rp.600.000 = Rp. 9.500.000
    KEUNTUNGAN per Bulan : Rp. 2.550.000 (LUMAYAN KAN)

    Tidak sampai 3 Bulan Anda sudah balik Modal!



    Segera Hubungi DELTAGROSIR untuk mendapatkan penawaran menarik dari kami.

    SMS : 0857 7221 5758 - Telp : 0821 1454 5758

    Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur


    Untuk mendapatkan harga murah grosir langsung dari pabrik silahkan hubungi kami segera di 0857 7221 5758. Atau datang langsung ke alamat kami di Delta Sari Baru Jl.Delta Sari Raya Utara No.18 Waru Sidoarjo SURABAYA Jawa Timur dan gabung dengan komunitas bisnis baju murah di facebook kami, untuk mendapatkan informasi update promo produk bisnis.
    facebook delta grosir usaha pakaian murah
    • Hambatan yang sering dialami oleh pedagang bubur ayam adalah tempat usaha yang tidak strategis.
    • Stamina harus prima, karena akan mengolah bubur pada malam hari untuk berjualan di pagi hari.
    • Peluang usaha bubur ayam ini memerlukan keseriusan dan disiplin yang tinggi.
    • Banyaknya pesaing yang lebih dulu menjalankan bisnis ini. Untuk menyikapinya, perlu meningkatkan kualitas produk dan berani untuk memberikan harga yang sedikit lebih murah dibandingkan dengan pelaku bisnis lainnya yang sejenis.
  • Analisa Usaha Bubur Ayam
    1. Investasi
    2. Biaya Operasional
    3. Gerobak Rp. 2.500.000
      Kompor + tabung gas Rp. 600.000
      Peralatan masak+makan Rp. 1.000.000
      Total investasi Rp. 4.100.000
      Bahan baku makanan Rp. 4.500.000
      Bahan bakar gas Rp. 200.000
      Plastik Rp. 100.000
      Transportasi Rp. 200.000
      Total biaya operasional Rp. 5.000.000
    4. Pendapatan
    5. – Asumsi rata-rata penjualan selama satu hari adalah 50 porsi @Rp.8.000
      – Pendapatan yang diperoleh dari usaha bubur ayam selama satu hari adalah hasil penjualan x harga per porsi (50 porsi x Rp. 8.000) = Rp. 400.000
      – Jadi, pendapatan yang diperoleh dari penjualan bubur ayam selama satu bulan adalah 30 hari x penjualan satu hari (30 hari x Rp. 400.000) = Rp. 12.000.000

    6. Keuntungan
    7. – Pendapatan-total biaya operasional (Rp. 12.000.000-Rp. 5.000.000)
      – Jadi, keuntungan yang diperoleh dari usaha bubur ayam selama satu bulan adalah Rp. 7.000.000,-


    Baca Juga : Bisnis Kardus Bisa Jadi Pilihan Wirausaha 2018

    Nasi Goreng

    Nasi goreng adalah makanan berupa nasi yang digoreng dengan dicampur bersama telur, ayam atau daging, serta ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan asam jawa. Biasanya nasi goreng disajikan dengan taburan kerupuk di atasnya. Di Indonesia, nasi goreng merupakan salah satu jenis kuliner yang cukup populer dan banyak diminati oleh semua kalangan. Nasi goreng juga masih memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Terkait dengan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan usaha nasi goreng. Hal-hal yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

    1. Persiapan Usaha Nasi Goreng
    2. Dalam usaha jualan nasi goreng, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan sebuah persiapan menjalankan usaha. Hal-hal yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

      1. Tentukan Tempat
      2. Sebelum melakukan usaha jualan nasi goreng hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tempat yang strategis. Karena lokasi menjadi faktor utama yang bisa menentukan kesuksesan dalam menjalankan suatu usaha. Sementara lokasi yang strategis akan memudahkan konsumen untuk bisa menikmati nasi goreng yang ditawarkan. Sebagai gambaran ada beberapa lokasi strategis yang cocok untuk dijadikan tempat usaha jualan nasi goreng. Lokasi yang dimaksud tersebut diantaranya yaitu perempatan jalan, dekat jalan raya, dekat taman dan dekat swalayan.

      3. Perlengkapan Usaha
      4. Pada dasarnya untuk menjalankan usaha nasi goreng tidaklah jauh berbeda dengan usaha kuliner lainnya. Usaha nasi goreng juga membutuhkan modal untuk membeli perlengkapan. Untuk itu, perlu dilakukan pencatatan atau perincian secara detail mengenai semua perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan usaha nasi goreng.

      5. Cita Rasa
      6. Persiapan selanjutnya adalah mampu membuat nasi goreng yang memiliki cita rasa tinggi. Sajika se-kreatif mungkin dengan tambahan berbagai bahan yang membuat tampilan nasi goreng terlihat menarik dan tidak membosankan. Selain itu. Selain itu, harga nasi goreng dibuat lebih terjangkau dan sesuai dengan selera konsumen. Jika hal seperti ini bisa dilakukan denganbaik, maka usaha jualan nasi goreng dijamin ramai oleh pembeli.

    3. Pelaksanaan Usaha Nasi Goreng
    4. Dalam usaha jualan nasi goreng, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk sebuah pelaksanaan usaha. Hal-hal yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

      1. Pengadaan Bahan
      2. Bahan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha kuliner adalah resep. Karena resep tersebut bisa menjadikan atau mengantarkan seorang pengusaha kuliner nasi goreng mencapai sebuah kesuksesan. Untuk itu, seorang pengusaha harus dapat mengawalinya dengan bahan dasar yang berkualitas serta bahan tambahan untuk menambah cita rasa. Dengan begitu, maka nasi goreng tersebut akan memiliki ciri khas yang mampu mengundang konsumen untuk menikmatinya.

      3. Tenaga Kerja
      4. Dalam sebuah usaha, mungkin memerlukan ataubelum memerlukan karyawan. Namun, apabila perkembangan meningkat dan memerlukan tambahan tenaga kerja (karyawan), maka harus mempertimbangkannya dengan baik. Maksudnya, karyawan tersebut harus memiliki kualitas yang baik, yaitu sesuai dengan kebutuhan dalam usaha. Perhatikan juga kesigapan dan kecakapan yang dimiliki oleh karyawan tersebut. Jika dalam memilih karyawan menemukan orang yang tepat, maka usaha jualan nasi goreng tersebut akan terasa lebih ringan untuk dijalankan.

      5. Olah Wawasan
      6. Hal ini akan sangat penting karena dalam usaha diperlukan sebuah wawasan yang luas. Karena wawasan yang luas akan membantu untuk mendapatkan inspirasi baru yang mampu menarik konsumen lebih banyak dan menjadi ikon tersendiri. Dengan demikian, untuk memasarkan dan mempromosikan olahan nasi goreng tersebut akan lebih mudah.

      7. Inovatif
      8. Jangan malu untuk mencoba, apabila seorang pengusaha kuliner berhasil mengolah sebuah resep baru, maka pengusaha tersebut harus berani menambahkan resep masakan atau olahan nasi goreng yang baru di daftar menu. Dengan begitu, maka seorang pengusaha akan mampu menghadirkan sesuatu yang lain daripada yang lainnya.

    5. Pemasaran Usaha Nasi Goreng
    6. Dalam usaha nasi goreng ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk melakukan suatu pemasaran terhadap produk yang ditawarkan. Cara yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

    • Memasang spanduk di depan warung (tempat jualan) dengan menyertakan contact person atau sosial media, bahwa pemesenan bisa dilakukan secara online.
    • Promosi dari mulut ke mulut, yaitu mulai dari tetangga terdekat, saudara, dan lainnya.
    • Memberi potongan harga dengan pelanggan (khusus awal membuka usaha).
  • Hambatan Usaha Nasi Goreng
  • Dalam setiap usaha, pasti mengalami yang namanya hambatan. Terkait dengan hal ini, ada beberapa hambatan yang perlu diketahui dalam melakukan usaha nasi goreng. Hambatan yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

    • Munculnya pesaing yang menawarkan produk yang sama, sehingga dapat mengurangi pelanggan yang datang.
    • Promosi yang dilakukan kurang maksimal, sehingga tidak banyak orang yang tahu
    • .

    • Rasanya tidak stabil, sehingga banyak konsumen yang merasa kecewa.

    Bisnis Nasi Goreng Special


    wirausaha jualan nasi goreng sukses

  • Analisa Usaha Nasi Goreng
    1. Investasi
    2. Gerobak Rp. 2.500.000
      Kompor + Gas Rp. 500.000
      Peralatan Rp. 750.000
      Meja + Kursi Rp. 750.000
      Total Investasi Rp. 4.500.000
    3. Biaya Operasional
    4. : Rp. 1.350.000

      Beras 150 kg @Rp. 9.000 (1 bulan)
      Bumbu (1 bulan ) : Rp. 600.000
      Minyak goreng 15 liter @Rp. 15.000 (1 bulan) : Rp. 225.000
      Daging 10 kg @35.000 (1 bulan) : Rp. 350.000
      Telur 60 kg @Rp. 18.000 (1 bulan) : Rp. 1.080.000
      Lain-lain : Rp. 300.000
      Total biaya operasional : Rp. 3.905.000
    5. Pendapatan
    • Asumsi rata-rata penjualan nasi goreng selama satu hari adalah 30 porsi @Rp.13.000
    • Pendapatan yang bisa diperoleh dari penjualan nasi goreng selama satu hari adalah penjualan x harga per porsi (30 porsi x Rp.13.000) = Rp.390.000
    • Jadi pendapatan yang bisa diperoleh dari usaha jualan nasi goreng adalah 30 hari x pendapatan satu hari (30 hari x Rp. 390.000) = Rp. 11.700.000
  • Keuntungan
    • Pendapatan – biaya operasional (Rp. 11.700.000-Rp. 3.905.000)
    • Jadi, keuntungan yang diperoleh dari usaha jualan nasi goreng selama satu bulan adalah Rp. 7.795.000
    BISNIS 2018